TENTANG KAMI

Melihat Maros Lebih Dekat

Kita hidup di era ide bisa datang kapan dan di mana saja. Bahkan ketika “dia” sebenarnya tidak sedang diharapkan.

Ide menghadirkan sebuah media online di Maros muncul begitu saja pagi itu, di meja sebuah warung kopi yang bersebelahan toko pakaian anak muda. Padahal orang-orang yang kemudian datang mengitari meja hanya berencana bersama-sama melepas penat setelah pekan yang berat.

“Daerah ini butuh sebuah media yang menjadi teladan pelaksanaan standar jurnalisme yang baik,” kata salah satu di antara kami. Semangat yang membara walau minumnya hari itu hanya segelas teh panas.

Semua sepakat, meski kalimat yang datang dari teman itu rasanya berat juga. Mungkin akan mengarah ke situ, kami ingin mendekati sempurna pada setiap karya jurnalistik kami, tetapi tidak serta merta. Tidak seorang pun di ruang redaksi kami yang punya latar belakang pesulap.

Pelan-pelan kami menyiapkan media ini. Mulai dari badan hukum, keredaksian, hingga yang paling detail semisal warna dominan di laman.

Nama MataMaros.com pun tidak langsung kami putuskan. Butuh dua kali pertemuan, belum termasuk diskusi yang panjang di ruang chatting WhatsApp.

Maka dengan mengucap basmalah dan berharap doa kita semua, MataMaros.com, kami perkenalkan kepada publik, Rabu, 26 Februari 2020. Ada tiga hari masa trial (percobaan) sebelum website kami sepenuhnya siap diakses per 1 Maret 2020.

Mohon kami diterima sebagai bagian dari orang-orang yang juga mencintai Maros. Kami ingin ikut berbuat untuk kabupaten ini, seminimal apapun itu. Dan kami cukup yakin bisa melakukannya. Kami lahir dan tumbuh, bahkan sampai sekarang tetap tinggal di tanah ini.

Kami masih sangat baru, bukan baru di industri ini, tetapi baru menyatu di media yang baru ini. Maka secara personal maupun institusi, kami perlu senantiasa belajar, dan bahkan mengambil waktu belajar yang jauh lebih banyak.

Oleh karena itu, kritik dan berilah kami saran setiap saat. Ingatkan kami ketika tampak akan kehilangan arah. Raih tangan dan bantu kami saat kami terpeleset.

Satu lagi, media ini kami niatkan untuk membawa manfaat sebesar-besarnya untuk Maros. Sebab jika manusia terbaik adalah manusia yang paling berguna untuk sesamanya, rasanya media online juga begitu. (redaksi)