NEWS  

Panen Sukses di Kampung Mentan, Ini Rahasianya

Panen perdana program Gernas di Desa Ponre-ponre, Bone, Rabu, 6 Maret 2024. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Di tengah El Nino yang belum selesai, petani di Desa Ponre-ponre, Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar panen perdana program Gernas Tahun 2023, Rabu sore, 6 Maret 2024) sore.

Padi yang dihasilkan di kampung halaman Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian (Mentan) RI itu mencapai 7,35 ton per hektare. Itu berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Mitra Statistik Kabupaten Bone.

Ketua Kelompok Tani Sipakatuo, Desa Ponre-ponre, Harman mengungkap rahasia sukses panen memuaskan tidak lepas dari penggunaan pupuk Trubus yang dikerjasamakan dengan PT Mandraguna Pusaka Indonesia.

Petani hanya menggunakan lima jeriken, setiap jeriken berisi 5 liter pupuk Trubus. Pupuk kimia yang dipakai tidak sampai 100 Kg.

“Kami puas dengan hasil ini meskipun dalam kondisi susah mendapatkan air,” ujarnya.

Hasil panen ini, diakui Harman, sudah sangat maksimal. Lantaran, kondisi sawah dilanda kekeringan. Sebelumnya dengan menggunakan pupuk kimia plus kondisi air yang melimpah, hanya mampu menghasilkan maksimal padi 5 ton per hektare.

“Luar biasa hasil panen pakai pupuk Trubus,” lanjutnya.

Harman menjelaskan, pemupukan menggunakan pupuk Trubus dilakukan sebanyak lima kali. Setiap kali penyemprotan jeda 15 hari.

“Pakai pupuk Trubus, banyak manfaatnya. Pertumbuhan tanaman padi jadi bagus, merata dan lebih cepat, banyak anakan, hingga mengurangi penggunaan pestisida. Sehingga hasilnya baik untuk kesehatan,” papar Harman.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman yang diwakili Koordinator Penyuluh Kabupaten Bone, Sucipto, SP mengakui penggunaan pupuk Trubus memberikan efek luar biasa dalam peningkatan produktivitas pertanian warga di Desa Ponre-ponre.

“Sudah tidak diragukan kualitasnya. Hasilnya bagus,” ucap Sucipto.

Sucipto mengakui, kondisi persawahan di Desa Ponre-ponre dilanda kekeringan. Meski begitu, hasil panen memuaskan.

“Ini yang perlu digaungkan. Masyarakat perlu menikmati khasiat pupuk Trubus,” tandasnya.

Kepala Desa Ponre-ponre, Andi Jamaluddin juga mengakui kualitas produk pupuk Trubus dalam kapasitasnya yang juga seorang petani.

“Pupuknya bagus. Bisa jadi pengusir hama juga,” tutur Jamaluddin. (fix)