NEWS  

Bupati Sebut Perputaran Uang Maulid Akbar di Pattene Capai Rp1 Miliar

Maulid Akbar tarekat Khalwatiyah Samman di Pattene, Jumat, 6 Oktober 2023. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM — Maulid Akbar Khalwatiyah Samman di Pattene diyakini memberi dampak signifikan pada perputaran ekonomi di Maros.

Bupati Maros, Chaidir Syam menaksir, perputaran uang selama kegiatan mencapai Rp1 miliar. Ada puluhan ribu orang yang hadir. UMKM meraup untung.

“Jumlah jemaah yang hadir banyak sekali. Bukan hanya dari daerah Sulsel tapi juga dari negara lain seperti Malaysia dan Brunei Darussalam,” sebutnya saat menghadiri maulid akbar di Pattene, Jumat, 6 Oktober 2023.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung sepekan, menurut Chaidir, membuat transaksi jual-beli lebih masif.

Chaidir mengatakan, Pemkab mendukung dengan memberikan fasilitas dan menjamin keamanan jemaah yang hadir. Pihaknya juga menetapkan Pattene sebagai kampung religius.

Ketua panitia, Andi Achmad Yaumal menyebutkan, jemaah mulai berdatangan sejak 1 Oktober. Ia memprediksi jemaah tahun ini lebih banyak.

“Tahun lalu hanya 10.000 jemaah, tahun ini kami prediksi sampai 50.000 jemaah. Bisa kita lihat dengan antusias yang berdatangan bahkan sejak lima hari lalu,” ujar Achmad.

Jemaah tak cuma datang dari Sulsel. Ada yang dari Kalimantan hingga Papua. Bahkan, ada pula yang berasal dari luar negeri, seperti Malaysia dan Yaman.

“Seluruh wilayah Sulsel kecuali Toraja hadir,” imbuhnya. (ast)