NEWS  

Perseroda Maros Buka Pintu Kolaborasi dengan UMKM

Sosialisasi dan digitalisasi UMKM di Desa Bonto Bunga, Kecamatan Moncongloe, Selasa, 8 Agustus 2023. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Manajemen baru Perseroda PT Bumi Maros Sejahtera membuka pintu kolaborasi yang luas untuk UMKM.

Direktur utama Saharuddin Ridwan menuturkan, Perseroda siap bekerja sama dengan UMKM. Terutama untuk pemasaran produk dan akses perbankan. Dia yakin tidak sulit membuat UMKM naik kelas sebab pemerintah daerah juga memberi dukungan penuh.

“Kami berharap UMKM bisa lebih berinovasi. Apalagi pemerintah daerah sudah menyediakan sarana seperti Rumah Kemasan,” ucap Sahar saat menjadi pembicara pada sosialisasi dan digitalisasi UMKM di Desa Bonto Bunga, Kecamatan Moncongloe, Selasa, 8 Agustus 2023. Kegiatan itu dihelat mahasiswa KKN Tematik gelombang 110 Universitas Hasanuddin.

Sahar juga menyatakan siap membantu dalam peningkatan sumber daya UMKM di Maros. “Agar UMKM kita bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya,” tutur mantan direktur operasional PD Pasar Makassar Raya itu.

Pembicara lain, Marjan Massere yang merupakan tim ahli bupati dalam bidang percepatan pembangunan, juga menyatakan siap membantu akses ke pemerintah bagi UMKM. Misalnya yang ingin menggunakan dan memanfaatkan fasilitas di Rumah Kemasan Maros.

“Saya akan berusaha bagaimana UMKM di desa ini bisa naik kelas. Untuk itu, yang paling utama adalah perubahan mindset, pola pikir dari pelaku UMKM. Karena kalau Bapak dan Ibu tidak mau mengubah diri maka kita akan ketinggalan dengan toko-toko modern,” ujar mantan ketua KNPI Maros itu.

Marjan bahkan menantang pelaku UMKM untuk mengumpulkan berkasnya dan akan dibantu pengurusan NIB, NPWP, dan sebagainya.

Pendamping KKN Unhas, Lukman mengaku salut dengan kegiatan sosialisasi ini. Dia berjanji akan menindaklanjuti apa yang telah disampaikan narasumber, untuk pendampingan masyarakat pelaku UMKM selama KKN Tematik ini berlangsung. (abr)