NEWS  

Digelar 2 Hari Berturut-turut, Gerak Jalan Kreasi di Maros Diikuti 250 Grup

Bupati Maros, Chaidir Syam bercengkerama dengan salah satu kelompok barisan taman kanak-kanak. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Pemerintah Kabupaten Maros menggelar gerak jalan kreasi memeriahkan HUT ke-78 RI, Selasa, 8 Agustus 2023, di Lapangan Pallantikang.

Gerak jalan digelar dua hari hingga Rabu, 9 Agustus 2023. Hari ini khusus tingkat TK, OPD, dan kecamatan. Kemudian besok tingkat SD, SMP, dan SMA.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maros, Muh Ferdiansyah mengatakan, ada 251 grup yang ikut memeriahkan.

“Tingkatan TK ada 47 grup dan organisasi perangkat daerah ada 44 barisan,” sebutnya.

Sedangkan tingkatan SD, SMP, dan SMA ada 160 barisan. Setiap grup minimal anggotanya 23 orang.

Gerak jalan kali ini, kata dia cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya hanya lomba baris berbaris, kali ini harus disertai dengan kreasi.

“Harus menyusun tema tematik yang sesuai dengan OPD masing-masing. Misalnya tadi Dinas Perikanan itu membawa ikan, Dinas Kesehatan anggotanya membawa mesin fogging nyamuk,” jelasnya.

Untuk tingkatan OPD dan kecamatan ada empat aspek yang jadi perhatian. Seni, kreativitas, ketertiban, dan kerapian. Kategori SD, SMP, dan SMA hanya dinilai dari cara gerak jalannya.

“Hadiahnya tidak banyak, tapi untuk mengapresiasi, di akhir barisan Pak Bupati menyerahkan piagam. Khusus untuk SD, SMP, dan SMA hadiahnya trofi dan uang pembinaan,” pungkasnya.

Bupati Maros, Chaidir Syam tampak terus menyungging senyum setiap ada kelompok barisan yang memberikan salam kepadanya di tribun utama Lapangan Pallantikang. (ast)