NEWS  

Pemkab Sudah Putuskan Lokasi Salat Idulfitri

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Ramadan baru memasuki hari kesembilan. Namun, Pemkab Maros sudah mempersiapkan pelaksanaan Salat Idulfitri 1444 Hijriah tingkat kabupaten.

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari, di ruang rapat Wakil Bupati Maros, Jumat, 31 Maret 2023, memutuskan, Salat Id tingkat kabupaten dipusatkan di Lapangan Pallantikang, Kompleks Kantor Bupati Maros.

Masyarakat di sekitaran lokasi diharapkan terpusat di situ. Termasuk jemaah Masjid Almarkaz Al Islami, Maros.

“Pokoknya, masjid yang ada di sekitar akan kita sampaikan untuk ditutup dan mengarahkan jemaahnya ke Pallantikang,” kata Suhartina saat rapat bersama pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan pihak terkait lainnya itu.

Kepala Kantor Kemenag Maros, Muhammad mengatakan, saat ini pihaknya akan fokus memilih imam dan khatib untuk Salat Id.

Rapat Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di Ruang Rapat Wakil Bupati Maros, Jumat, 31 Maret 2023. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

“Kriteria khatib dan imam itu diupayakan berkearifan lokal. Maksudnya, kita berdayakan orang Maros yang sudah pernah ikut lomba. Maros punya banyak ulama,” ujarnya.

Muhammad juga mengingatkan tingkat keamanan pelaksanaan Salat Id lebih diperhatikan.

“Untuk mencegah kotak amal liar. Ini hal teknis yang perlu diperhatikan. Seperti tahun lalu, ada beberapa ditemukan warga bukan panitia yang membawa kotak amal dari rumahnya,” imbuh Muhammad.

Ketua pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Maros, M Farid Wajedy akan melakukan sosialisasi di media sosial.

“Kami akan berusaha untuk membuat satu gerakan baru, semoga dapat maksimal. Tidak meninggalkan cara lama, tetapi kami juga akan bergerak melalui media. Syiar Islam akan lebih kena sasaran,” ucap Ustaz Gaul, julukannya. (ast)