NEWS  

Padi Berumur Pendek Diuji Coba di Maros, Setahun Bisa Panen 4 Kali

Ketua DPRD Maros, Bupati Maros, Dandim 1422/Maros, hingga Kapolres Maros ikut menanam padi IP400, Kamis, 15 September 2022. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Ada penanaman padi pola IP400 di Kelurahan Bajubodoa, Kecamatan Maros Baru, Kamis pagi, 15 September 2022. Ini adalah padi berumur pendek.

Kata Dandim 1422/Maros, Letkol Inf Muh Hujairin, yang menjadi inisiator, penanaman ini adalah uji coba untuk mengukur produktivitas IP400.

“Kita uji coba satu hektare dulu,” jelasnya.

Jika sukses, ada peluang bagi petani di Maros makin sejahtera. Sebab, bisa panen hingga empat kali setahun.

“IP400 itu begini, jadi satu lahan akan dimaksimalkan fungsinya sampai 4 kali panen. Itu diselingi padi genjah, padi dalam, padi menengah, kemudian palawija agar fungsi lahan akan lebih optimal, lebih tahan hama, dan membantu perekonomian masyarakat,” imbuh Hujairin.

Ia menambahkan padi berumur pendek ini memiliki keunggulan tersendiri. Hasilnya bisa mencapai 8 ton per hektare. Dua bulan sudah panen.

Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir dan Bupati Maros, Chaidir Syam ikut menanam. “Semoga apa yang kita taman ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Patarai.

“Semoga ini bisa membantu ketahanan pangan kita, dan bisa membantu kemandirian para petani,” tambahnya.

Chaidir juga yakin padi IP400 dapat membantu menciptakan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan para petani. (ast)