NEWS  

Bocah Penyelamat yang Panjat Tiang Bendera Dapat Beasiswa dan Uang Rp5 Juta dari Bupati

Bupati Maros, Chaidir Syam memeluk Yayan Kurniawan. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM — Yayan Kurniawan (10), bocah penyelamat yang memanjat tiang untuk mengibarkan bendera di Mallawa, pada peringatan Hari Pramuka, 14 Agustus 2022, menjadi salah satu bintang upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Maros, di Lapangan Pallantikang, Rabu, 17 Agustus.

Mengenakan seragam Pramuka, siswa kelas 4 SD Wanuawaru itu berdiri di tengah tamu undangan. Bupati Maros, Chaidir Syam memeluknya lalu memberi hadiah.

Yayan mendapatkan beasiswa hingga SMP dari Pemkab Maros. Bukan cuma itu, ada hadiah uang tunai dari Chaidir.

“Saya secara pribadi memberikan uang tunai Rp5 juta rupiah. Di saat sekarang masih ada anak-anak yang punya rasa kebangsaan yang tinggi, nasionalisme terhadap penghormatan bendera merah-putihnya sangat tinggi,” tutur Chaidir.

Yayan mengaku aksinya tersebut atas kemauannya sendiri. “Saya lakukan ini demi bangsa. Tidak ada yang perintahkan saya untuk memanjat, tiba-tiba saja ada kemauan untuk memperbaiki dan mengikat tali bendera,” jelasnya.

Ketika upacara bendera dimulai tepat pukul 09.00 Wita di daerah yang berjarak kurang dari 60 kilometer dari kota Maros itu ia berada di barisan paling belakang.

“Saya juga lihat sudah banyak orang yang panik, sementara bendera juga sudah mau dikibarkan. Jadi saya berlari terlebih dahulu ke kepala sekolah untuk minta izin untuk memanjat. Setelah diizinkan saya langsung panjat tiang bendera tanpa pikir panjang lagi,” bebernya.

Anak dari pasangan Ramlah dan Bande itu mengaku tak ada sedikit pun rasa takut di benaknya saat menaiki tiang bendera itu.

“Saya sudah biasa manjat pohon, karena orang tua juga kerjanya pembuat gula merah jadi biasa manjat pohon aren. Makanya saya tidak takut,” jelasnya.

Yayan mengaku akan memberikan uang sebesar Rp 5 juta yang diberikan bupati untuk kedua orang tuanya.

“Biar dapat mengurangi beban orang tua saya,” katanya. (ast)