NEWS  

Ketua dan Wakil Ketua II DPRD Maros Dilantik Besok

Ruang Utama DPRD Maros, tempat pelantikan pimpinan dewan, Kamis, 24 Oktober 2024. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Maros periode 2024-2029 akan digelar besok, Kamis, 24 Oktober 2024.

Sekretaris Dewan, Najib mengatakan, pengambilan sumpah dan janji jabatan ini akan dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD di Ruang Rapat DPRD Maros.

“Iya besok, pukul 10.00 Wita, akan dilakukan pelantikan pimpinan definitif,” katanya, Rabu, 23 Oktober.

Najib menjelaskan, pelantikan pimpinan DPRD merupakan tindak lanjut dari rapat paripurna pengumuman penetapan pimpinan pada Senin, 30 September 2024.

Pada penetapan pimpinan, Muhammad Gemilang Pagessa, peraih suara tertinggi di Pileg 2024 dari PAN ditetapkan sebagai ketua DPRD Maros. Lalu, Nurwahyuni Malik dari Nasdem ditetapkan sebagai wakil ketua II DPRD Maros.

Saat ini baru ada dua partai peraih kursi terbanyak yang mengusulkan nama untuk kursi pimpinan; PAN sebagai peraih kursi terbanyak pertama, Nasdem sebagai peraih kursi ketiga. Peraih suara tertinggi kedua (jatah wakil ketua I), Golkar belum menyetorkan nama.

“Yang dilantik besok ada dua, yakni Ketua DPRD Maros Muh Gemilang Pagessa dan Wakil Ketua II Nurwahyuni Malik,” tuturnya.

Sejak pelantikan anggota DPRD Maros, 20 Agustus 2024, kursi pimpinan ditempati ketua sementara Haeriah Rahman (PAN) dan wakil ketua sementara Nafa Putri Rosidin.

Sebelumnya, DPRD juga telah melakukan pembentukan fraksi. Ada enam fraksi, yakni PAN-PBB, Golkar-Demokrat, PKS-Hanura, Gerindra, Nasdem, dan PKB. (ast)