NEWS  

Rekonstruksi di Bandara Sultan Hasanuddin, 5 Porter Peragakan Aksi Jarah Koper Penumpang

MATAMAROS.COM — Satreskrim Polres Maros menggelar rekonstruksi perkara dugaan pencurian di apron Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Jumat malam, 9 Agustus 2024.

Rekonstruksi turut dihadiri pihak Kejaksaan Negeri Maros dan Otoritas Bandara.

Lima tersangka Andi Sukardi (25), Alfian (28), Muh Basri (33), Alwan (29), dan Tahmid (22) dihadirkan langsung untuk memerankan adegan kejadian.

Kasat Reskrim Polres Maros, Iptu Aditya Pandu mengatakan, proses rekonstruksi berjalan lebih dari satu jam, dimulai pukul 20.00 hingga 21.15 Wita.

“Total 18 adegan yang dilakukan dalam rekonstruksi, mulai dari proses x-ray hingga hasil jarahan dari koper dibawa keluar bandara,” katanya.

Pelaku melancarkan aksinya tertera pada adegan 6, 7, dan 8.

“Tersangka utama AS menanyakan bagaimana kondisi di bawah. Pada adegan ketujuh, ketiga tersangka menyampaikan kondisi di bawah aman. Adegan kedelapan tersangka utama ini mulai beraksi, memeriksa, membuka, dan mengamankan beberapa barang curiannya,” beber Aditya. Para tesangka mengaku ini aksi pertama mereka.

“Mereka baru ini melakukan pencurian dengan modus pembobolan koper dan mereka memang sudah bermufakat untuk melancarkan kegiatan aksinya,” ujar mantan Kasat Reskrim Polres Wajo ini.

Lima porter tersebut ditangkap usai melakukan pencurian barang dalam koper penumpang di pesawat Lion Air rute Makassar-Yogyakarta, Maret lalu. Mereka dijerat dengan pasal 363 KUHPidana, terancam penjara  tujuh tahun. (ast)