NEWS  

Akhiri Era Belajar di Kolong Rumah, Pemkab Bakal Bangun Sekolah di Dusun Terjauh

Bupati Maros, Chaidir Syam dan pejabat lainnya bersama anak-anak SD di Dusun Bara, Selasa, 2 Juli 2024. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM — Sudah sepuluh tahun anak-anak SD di Dusun Bara, Desa Bontosomba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros belajar di kolong rumah. Hanya ada dua meja dan empat kursi panjang.

Namun, kondisi itu akan segera berakhir. Pemkab Maros akhirnya bakal membangun sekolah dasar di dusun terjauh di Maros itu. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp6 miliar.

Bupati Maros, Chaidir Syam bersama rombongan datang mengunjungi lokasi tersebut, Selasa, 2 Juli 2024. Chaidir dibonceng dengan sepeda motor trail. Perjalanan sekitar satu jam dengan kondisi jalan yang rusak.

Rombongan membawa satu unit tenda untuk digunakan sementara waktu. Sebab pembangunan gedung butuh waktu. Pemkab bahkan baru hendak menuntaskan status lahan yang masuk hutan lindung.

Bupati Maros, Chaidir Syam menghadirkan satu unit tenda sebagai ruang kelas sementara. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

Saat ini ada 60 siswa yang mengenyam pendidikan di Bara, dengan jumlah pengajar tujuh orang.

“Kita akan berikan dua kendaraan (motor trail) bagi guru yang membutuhkan,” tutur Chaidir.

Chaidir merinci anggaran Rp6 miliar untuk sarana dan prasarana. Untuk jalan beton 2-3 kilometer memerlukan anggaran Rp5 miliar, sementara pembangunan sekolah kisaran Rp1 miliar. (ast)