Nasdem Tak Punya Figur, Rekomendasi Milik Chaidir Syam

Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (tengah) memegang surat rekomendasi partainya untuk sejumlah pilkada di Sulsel usai rapat pleno di Jakarta, Sabtu, 1 Juni 2024. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Partai Nasdem sempat digadang-gadang bakal menyiapkan poros lain di luar Chaidir Syam-Suhartina Bohari pada Pilkada 2024. Namun sampai saat ini, Nasdem tak kunjung mengajukan kandidat sendiri.

Rekomendasi dari DPP Nasdem bahkan sudah menjadi milik Chaidir-Suhartina. Surat tersebut diberikan di Nasdem Tower, Jakarta, Sabtu, 1 Juni 2024.

Nama-nama di internal Nasdem yang selama ini disebut-sebut, semisal Sahiruddin sang ketua DPD di Maros, pun semakin tenggelam. Kabarnya, sempat juga muncul nama Andi Harmil Mattotorang, mantan wakil bupati Maros yang memang masih menjadi kader Nasdem, namun Harmil tak bersedia maju.

Sekretaris DPD Nasdem Maros, Rahmat Pawero enggan menanggapi surat rekomendasi partainya sudah menjadi milik Chaidir-Suhartina.

Sebaliknya, Chaidir-Suhartina semakin melenggang. Koalisi gemuk yang mereka inginkan semakin mendekati kenyataan.

“Alhamdulillah tadi malam kami mendapatkan telepon dari pengurus wilayah Nasdem Sulsel. Rekomendasi DPP Nasdem sudah ada dan itu untuk kami,” ujar Chaidir kepada MataMaros.com, Minggu, 2 Juni 2024.

Ketua DPD PAN Maros itu sudah mendapat empat rekomendasi parpol. Masing-masing dari PAN, Golkar, PKB, dan Nasdem.

Dalam waktu dekat, lanjut Chaidir, pihaknya akan kembali menerima rekomendasi dari beberapa partai.

“Insyaallah dalam waktu dekat Demokrat, PBB, dan partai-partai lain,” tuturnya.

Chaidir-Suhartina mendaftar di sembilan partai, yakni PAN, Golkar, Demokrat, PDIP, Hanura, PKB, PBB, PPP, dan Nasdem.

Prediksi sejumlah pihak bahwa Pilkada Maros hanya akan berisi calon petahana dan kotak kosong pun semakin mendekati kenyataan. (ast)