NEWS  

Maros Raih Predikat Kabupaten Sehat, Wabup Ingatkan Diterapkan Sehari-hari

Wabup Maros, Ketua DPRD Maros, dan delegasi Pemkab yang hadir menerima penghargaan di Jakarta. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Pemerintah Kabupaten Maros meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan RI. Maros pun dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat 2023 karena dinilai berhasil menjalankan program Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Penghargaan diterima Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari pada Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kempinski Hotel, Jakarta, Selasa, 28 November 2023.

Suhartina mengatakan, penghargaan yang diperoleh berkat kerja semua stakeholder.

“Semoga penghargaannya bisa dipertahankan dalam penerapan di kehidupan sehari hari,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Maros, Muhammad Yunus mengatakan, Swasti Saba Wiwerda merupakan penghargaan kabupaten sehat keempat yang diterima Kabupaten Maros.

Penghargaan kategori Wiwerda ini sebagai bentuk pengakuan keberhasilan pemerintah mengimplementasikan 9 tatanan.

Kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar rakyat, perkantoran dan perindustrian, pariwisata sehat, transportasi dan lalu lintas jalan, perlindungan sosial dan pencegahan dan penanganan bencana.

Maros juga mendapatkan penghargaan STBM kategori Pratama. “Hanya 33 kabupaten kota di Indonesia yang dapat penghargaan,” imbuh Yunus. (ast)