NEWS  

AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta di Makassar, Diikuti Jurnalis dari 8 Provinsi

Pembukaan pelatihan cek fakta di Makassar, Selasa, 14 November 2023. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) membekali para jurnalis media anggotanya dengan keterampilan cek fakta menghadapi Pemilu 2024. Pelatihan digelar di Claro Hotel, Makassar, 14-16 November 2023.

Tercatat ada 31 orang perwakilan media anggota dari 8 AMSI wilayah timur Indonesia; Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua yang menjadi menjadi peserta.

Wakil Ketua Umum AMSI, Upi Asmaradhana yang membuka kegiatan, Selasa, 14 November 2023 menuturkan, pelatihan ini bertepatan dengan peristiwa politik 2024.

“Makanya yang sangat penting dan kami para pengurus berharap kegiatan ini bermanfaat bagi teman-eman untuk melawan misinformasi dan disinformasi,” ujar Upi .

CEO Kabar Grup Indonesia (KGI) mengingatkan bahwa dalam waktu mendatang akan banyak hoaks. Itu tantangan yang harus dilewati oleh komunitas dan masyarakat Indonesia.

Pelatihan ini merupakan kerja sama koalisi antara Mafindo, AMSI, dan AJI di bawah dukungan Google News Initiative. Sebelumnya telah digelar di Jakarta, Padang, dan saat ini sedang berlangsung di Makassar.

Pada pelatihan hari pertama dan kedua, para peserta akan mendapat materi Prebunking dan Debunking. Pada hari terakhir, para peserta akan mengikuti pelatihan media sosial.

Training ini menghadirkan dua trainer Cek Fakta dari Sulawesi Selatan, Rony Adolf Buol sekaligus Pemimpin Redaksi Zona Utara dan Zainal Abidin, Fact Checker Tempo.

Sementara materi media sosial dibawakan Adi Prasetya, Direktur Eksekutif AMSI sekaligus multimedia journalist. (ast)