NEWS  

Dilantik Bupati, Ini Profil Direksi Baru Perseroda Maros

Direktur Utama PT Bumi Maros Sejahtera. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Perseroan daerah (Perseroda) milik Pemkab Maros, PT Bumi Maros Sejahtera punya direksi baru. Hasil seleksi telah diumumkan dan mereka langsung dilantik, Jumat, 28 Juli 2023.

Terpilih sebagai direktur utama adalah Saharuddin Ridwan. Sahar, sapaan akrabnya, sejak dua tahun terakhir membantu Pemkab Maros dalam urusan penanganan sampah. Dia merupakan Ketua Asosiasi Bank Sampah Seluruh Indonesia (Asobsi).

Sahar adalah mantan direktur operasional PD Pasar Makassar Raya, perusahaan daerah Pemkot Makassar.

Pria 47 tahun itu juga adalah Ketua DPD Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) Sulsel.

Bupati Maros, Chaidir Syam yang melantik direksi dan komisaris baru PT Bumi Maros Sejahtera, berharap jajaran kali ini lebih baik.

Foto bersama usai pelantikan di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Jumat, 28 Juli 2023. (FOTO: IST)

“Semoga bisa membantu pemerintah daerah dan memberikan kontribusi yang baik. Kan perusda itu bisa menciptkan berbagai usaha,“ katanya di Ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Chaidir meminta kegagalan direksi sebelumnya bisa menjadi pelajaran. Pimpinan perseroda Maros yang dilantik 2021 lalu memang dinilai gagal. Direktur utamanya bahkan masuk bui karena indikasi korupsi.

Pemkab Maros juga sudah punya riwayat gagal sebelumnya dalam membina perusahaan daerah.

“Ada juga mantan ketua KPU yang terpilih dan di posisi komisaris dia punya pengalaman di berbagai usaha. Itu yang dinilai oleh pansel,” ujar Chaidir.

Sosok yang dimaksud Chaidir adalah Andi Nur Imran yang ditunjuk sebagai komisaris.

Satu posisi lainnya, yakni direktur, diserahkan kepada Zainuddin, anak muda yang dikenal sebagai perintis Agrowisata Bontolabbu.

Chaidir membeberkan bahwa perseroda akan pindah kantor. Dari lokasi sebelumnya di Hotel PTB ke gedung Balla Mabalanca. PT Bumi Sejahtera diminta mengembangkan pusat UMKM di Kabupaten Maros. Balla Mabalanca juga punya riwayat beberapa kali gagal dikelola. (ast)