NEWS  

Anggota DPRD Maros Minta Seleksi Direksi Perusda Transparan

Anggota DPRD Maros, Rahmat Hidayat. (FOTO: DOK)

MATAMAROS.COM — Anggota DPRD Maros, Rahmat Hidayat meminta Pemkab Maros melibatkan legislatif dalam perekrutan komisaris dan direksi perusahaan daerah PT Bumi Maros Sejahtera.

“Sebab ini juga berkaitan dengan tugas dan fungsi kami sebagai legislatif, khususnya pada pengawasan dan penganggaran,” kata Rahmat, Rabu, 21 Juni 2023.

Wakil Ketua Komisi II itu mengaku tak tahu ada penjaringan komisaris dan direksi PT Bumi Maros Sejahtera.

Rahmat menilai pentingnya Pemkab menyusun tim seleksi yang terdiri atas berbagai latar belakang, serta transparan.

“Ada dari eksekutif, legislatif, maupun akademisi yang berkompeten di bidangnya. Sehingga yang terpilih nantinya adalah orang yang betul betul profesional jelas visi misinya dan juga programnya,” ujarnya.

Jika sudah demikian, imbuh politikus PKS itu, legislatif tak perlu ragu pada proses penganggaran untuk penyertaan modal perusda.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Maros, Muhlisa Fachruddin mengakui DPRD memang tak termasuk bagian dari tim seleksi.

“Bagian di sekretariat saja. Pak sekda, asisten, kabag ekonomi, kabag hukum, dan kasubag BUMD,” sebutnya.

Hingga hari terakhir pendaftaran masih tujuh orang yang mendafatar. “Kemarin ada satu yang ambil formulir lagi,” ucapnya.

Pihaknya pun tidak akan memperpanjang masa pendaftaran lagi. Hanya sampai Kamis, 22 Juni 2023. Walaupun tak memenuhi kuota. Sebab minimal pendaftar 12 orang.

“Satu kali perpanjangan saja. Setelah ini pemeriksaan kelengkapan berkas dan yang memenuhi syarat akan diumumkan dan selanjutnya dibuatkan jadwal untuk ujian kompetensi,” tutur Muhlisa.

Posisi yang tersedia di antaranya komisaris utama, komisaris, direktur utama, dan direktur.

Komisaris utama PT Bumi Maros Sejahtera sebelumnya mengundurkan diri. Sedangkan direktur utama masuk bui karena terindikasi korupsi. (ast)