NEWS  

Pemkab Bagi Gratis 3.000 Rakkang, 7 Perahu, hingga 1.500 Liter Pupuk

Bupati Maros, Chaidir Syam (kiri) menyerahkan rakkang kepada salah satu nelayan, Jumat, 9 Desember 2022. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM — Pemkab Maros memberi bantuan untuk nelayan dan petambak. Mulai dari alat tangkap kepiting (rakkang), perahu, hingga alat-alat pengolahan.

Total anggaran dari APBD itu Rp2 miliar. Bupati Maros, Chaidir Syam merinci, rakkang berjumlah 3.000 buah.

Pemkab Bagi Gratis 3.000 Rakkang, 7 Perahu, hingga 1.500 Liter Pupuk Rakkang adalah alat tangkap kepiting berupa perangkap besi yang dibentangkan melalui seutas tali yang panjang.

Ada pula jaring 2 paket, perahu beserta mesin 7 buah, alat-alat olahan 8 paket, plus jalan produksi 900 meter. Selain itu, ada juga penyaluran pupuk cair untuk petambak. Keseluruhan 1.500 liter.

Bantuan disebar ke empat kecamatan, yakni Marusu, Maros Baru, Bontoa, dan Lau. “Ada 200 kelompok penerima. Tidak ada persyaratan khusus. Semuanya kita bagikan secara gratis,” ucap Chaidir, Jumat, 9 Desember 2022.

Ia juga berjanji terus melakukan perbaikan fasilitas di wilayah pesisir Maros tersebut. Tahun depan ada program pemberian bantuan lagi hingga perbaikan jalan tambak.

Nasir, salah seorang nelayan berharap bantuan ini bisa meningkatkan hasil tangkapannya. (ast)