NEWS  

Dinas Kopurindag Seriusi Maros Jadi Sentra Garam

Kepala Dinas Kopurindag Maros, Towadeng (kedua kanan) melihat produk turunan garam di ruang kerja ketua tim penelitian garam Unhas, Indah Raya (kedua kiri). (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM — Dinas Kopurindag Maros serius ingin mengembangkan garam. Kamis, 20 Oktober 2022, tim menyambangi tim penelitian garam Unhas di Makassar.

Kepala Dinas Kopurindag Maros, Towadeng yang menemui Indah Raya, ketua tim garam Unhas menuturkan, ini tindak lanjut dari arahan Bupati Maros, Chaidir Syam yang ingin membangun sentra garam di Butta Salewangang.

Unhas akan ikut dalam pembinaan dan pendampingan kepada petani garam. Targetnya adalah kualitas dan kuantitas garam Maros meningkat. Memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Anshar, anggota tim penelitian garam Unhas memperlihatkan beberapa produk turunan garam. Mulai dari garam lulur, garam farmasi, minuman isotonik, pelembab wajah, hingga garam meja yang warnanya lebih putih.

Fajrin, staf Kopurindag Maros menambahkan, kolaborasi dengan pihak Unhas di diharapkan bisa membuat garam kembali dilirik, sehingga petani garam akan kembali menjadi pekerjaan utama masyarakat. Bukan lagi sampingan.

Towadeng menyebut pertemuan tersebut adalah langkah awal. “Ke depan kita akan lebih sering lagi untuk bersama tim garam Unhas, baik untuk berdiskusi maupun bertukar ide dan gagasan. Kita juga akan bersama ke lapangan, mendampingi petani garamm,” pungkasnya. (abr)