NEWS  

Faktor Rindu, Maulid Tarekat Khalwatiyah Samman Diprediksi Datangkan 10 Ribu Jemaah

Suasana terkini di Pattene, Jumat, 14 Oktober 2022. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM  — Ribuan jemaah tarekat Khalwatiyah Samman, mulai berkumpul di Pattene, Temmapaduae, Maros, Jumat, 14 Oktober 2022. Agenda tradisi, maulid akbar, sudah dekat.

Mursyid tarekat Khalwatiyah Samman, Andi Wahyuddin Malik Puang Ayyud mengatakan, jumlah jemaah yang hadir tahun ini diprediksi akan lebih banyak dibanding tahun lalu.

“Kita perkirakan yang hadir tahun ini sekitar 10.000 jemaah. Sebab tahun ini Covid-19 kan sudah melandai dan pasti banyak jemaah yang akan mengobati kerinduannya,” ucapnya, Jumat, 14 Oktober 2022.

Jemaah Khalwatiyah Samman yang berencana hadir berasal dari berbagai daerah di Sulsel. Bahkan juga yang hadir ada dari lima negara yakni Malaysia, Australia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Singapura.

“Selain merayakan maulid, jemaah yang datang ke Pattene juga untuk memperingati haul ke-55 wafatnya pimpinan tarekat,” beber Wahyuddin.

Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada Minggu, 16 Oktober 2022, yang bakal diisi dengan beberapa kegiatan salah satunya hikmah maulid.

Jemaah yang tiba hari ini akan melakukan serangkaian kegiatan, seperti zikir usia salat Isya dan Subuh.

“Kemudian berziarah ke makam Puang Lompo dan para khalifah Khalwatiyah Samman serta keturunan dari Puang Lompo,” ucapnya.

Mursyid tarekat Khalwatiyah Samman, Andi Wahyuddin Malik Puang Ayyud. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

Zikir tarekat Khalwatyah Samman juga disertai dengan gerakan tubuh hingga tepukan tangan pada paha yang menjadikan zikir ini berirama.

Dia memprediksi butuh minimal 200 rumah penduduk untuk menampung jemaah.

“Rumah masyarakat di sini sengaja tidak memiliki model karena untuk menampung jemaah, yang penting luas,” tutupnya. (ast)