NEWS  

Penyuluh Pertanian di Sulsel Dikomandoi Putra Mentan SYL

Pelantikan pengurus DPW Perhiptani Sulsel. (FOTO: ASTY UTAMI/MATAMAROS)

MATAMAROS.COM – Bendera pataka itu diterima Kemal Redindo Syahrul Putra dari tangan Isran Noor, Ketua Umum DPP Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani), di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Jumat, 25 Juni 2022.

Pelantikan Kemal sebagai Ketua DPW Perhiptani Sulsel cukup istimewa. Digelar saat ribuan petani serta nelayan sedang kumpul di Maros. Ada Pra Penas (Pertemuan Nasional) Petani dan Nelayan, 24-27 Juni 2022.

Tambah istimewa karena Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo juga menghadiri pelantikan tersebut.

Isran mengatakan, penyuluh pertanian sangat perlu diperhatikan. Sebab memiliki peran menentukan keberhasilan pembangunan pertanian.

“Saat ini para penyuluh bisa dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani,” ucap Isran yang juga Gubernur Kalimantan Timur itu.

Isran juga yakin setiap persoalan kepenyuluhan dapat segera teratasi. Apalagi saat ini ketua wilayah Perhiptani Sulsel adalah “putra mahkota”. Maksudnya, putra dari Menteri Pertanian RI yang juga mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

Syahrul meminta para penyuluh lebih inovatif. “Karena pertanian ini menyangkut kelangsungan hidup seluruh rakyat,” ujarnya.

“Meskipun gaji mereka ini kecil, penyuluh juga adalah orang-orang yang cerdas. Perputaran ekonomi juga ada pada pertanian. Mereka yang mengurusi persoalan nutrisi, agar masyarakat tidak stunting,” tutupnya.

Kemal Redindo Syahrul Putra mengaku siap memajukan Perhiptani. “Kita akan bersama-sama menyelesaikan masalah-masalah dan membuat pertanian lebih mandiri dan modern,” kunci Plt Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel itu. (ast)