NEWS  

Belanja Peserta Pra Penas Selama di Maros Bisa Capai Rp1 Miliar

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo membuka Pra Penas di Maros. (FOTO: IST)

MATAMAROS.COM – Panitia belum merilis jumlah peserta Pra Penas (Pekan Nasional) Petani dan Nelayan yang diadakan di Kabupaten Maros, 24-27 Juni 2022. Namun Bupati Maros, Chaidir Syam yakin perputaran uang selama event mencapai Rp1 miliar.

“Ini bisa membawa dampak positif bagi Kabupaten Maros, utamanya bagi sektor perekonomian,” ucapnya.

Para tamu disebutnya ramai-ramai ke destinasi wisata dan berbelanja. “Kita bisa saksikan sendiri orang-orang sangat membeludak. Mereka berbelanja di stan dan juga di PTB. Apalagi PTB kita buka 24 jam,” timpal Chaidir.

Selama Pra Penas ada pameran dan promosi produk UMKM yang berasal dari tiap daerah, kabupaten, dan provinsi. Pusat hajatan di di Lapangan Pallantikang. Selama beberapa hari ini memang terlihat hiruk pikuk yang lebih, terutama di wilayah Turikale.

Event tersebut dibukan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Jumat, 26 Juni 2022. Ia menyebut Pra Penas adalah upaya untuk mempertahankan produktivitas di semua wilayah.

“Bahkan bisa lebih maksimal lagi pencapaiannya untuk tahun ini dan tahun berikutnya,” kata mantan Gubernur Sulsel itu.

Pra Penas juga diharapkan kader Partai Nasdem itu mampu menciptakan strategi pertanian yang baru untuk mengahadapi tantangan perubahan cuaca.

Syahrul pun mendorong petani memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian.

“Manfaatkan itu semua. Saya sudah titipkan pesan ke gubernur dan bupati hingga wali kota untuk turun ke desa-desa, memperbaiki lumbung pangan kita,” imbuhnya. (ast)