NEWS  

Swadaya, Penyuluh Perikanan dari Tiga Provinsi Kumpul di Maros

Sejumlah produk UMKM dipamerkan di sela workshop. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Penyuluh perikanan dari tiga provinsi; yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat kumpul di Maros, Senin, 23 Mei 2022.

Sebanyak 340 penyuluh mengikuti workshop dan pameran nasional yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP). Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAPPP), Jalan Makmur Dg Sitakka, maros.

Kepala BRSDMKP, I Nyoman Radiarta, mengatakan, workshop ini memberikan bekal terkait program-program prioritas di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Nyoman membeberkan, beberapa program prioritas di antaranya pengembangan kampung budidaya dan pengembangan nelayan maju.

Para penyuluh pun mendapat pelatihan terkait teknologi informasi, agar kegiatan mereka di lapangan dapat langsung sampai ke pusat.

Workshop menghadirkan pembicara lintas bidang. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

Nyoman mengapresiasi semangat para penyuluh. “Mereka hadir dengan modal swadaya. Negara tidak membiayai dan itu keinginan mereka sendiri untuk belajar,” kuncinya.

Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Lilly Aprilia Pregiwati, berharap workshop bisa menghasilkan perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

Workshop dirangkaikan dengan pameran produk UMKM. Hadir sejumlah distributor dari pusat oleh-oleh dan ritel modern. Para penyuluh juga dibekali literasi perbankan. (ast)