NEWS  

Sambut Ramadan, Kodim 1422 Terjunkan Personel Bersihkan dan Renovasi Masjid

Personel Kodim 1422/Maros membersihkan got Masjid Agung Nur Arrahman, Turikale. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Sebanyak 490 personel, didominasi anggota Kodim 1422/Maros sebagai pemrakarsa, ada aksi bersih-bersih masjid di Kabupaten Maros. Pencanangannya dilakukan di Masjid Agung Nur Arrahman, Turikale, Jumat, 25 Maret 2022.

Kegiatan tersebut, kata Dandim 1422/Maros, Letkol Infantri Budi Rahman, untuk menyambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

“Pagi ini kita mengikuti pencanangan gerakan bersih-bersih masjid di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin. Ada tiga provinsi, yakni Sulsel, Sulbar, dan Sultra”, katanya di pelataran Masjid Agung. Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir juga hadir.

Budi menambahkan, program tersebut merupakan perintah langsung Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad.

Perwakilan Forkopimda Maros menghadiri pencanangan kegiatan. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

“Kita galang semuanya, supaya ini menjadi prakarsa positif. Ini kearifan lokal kita yang sudah mulai ditinggalkan. Zaman dulu, saat kita-kita masih muda, kita aktif membersihkan masjid saat akan memasuki bulan puasa,” tuturnya. Kodim 1422/Maros memang melibatkan personel dari seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Ada lima masjid pada lima kecamatan di Maros yang mendapat sentuhan. Masing-masing di Turikale, Bantimurung, Camba, Tanralili, dan Mandai.

“Pekerjaannya variatif. Tidak hanya pembersihan, tetapi juga perbaikan tempat wudu. Ada drainase ada pembersihan dalam masjid, bahkan ada yang pembangunan jembatan,” tambahnya. (ast)