NEWS  

Cucu Andi Mappanyukki Jabat Pangdam, Tiba di Maros Disambut Keluarga Besar

Mayjen Andi Muhammad disambut prosesi adat. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Panglima baru di Kodam XIV/Hasanuddin sudah tiba. Pesawat yang membawa Mayjen TNI Andi Muhammad ditemani istri, Andi Amelia mendarat di Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa, 1 Februari 2022.

Muhammad disambut Tari Paduppa dan penghormatan pasukan bertombak. Dia mengaku terkesan.

“Alhamdulillah tadi saya disambut secara adat. Jadi ini semua keluarga besar. Ada yang dari kerajaan Gowa, Luwu, dan Bone,” ujarnya.

Muhammad memang keturunan bangsawan. Kakeknya, Andi Mappanyukki, adalah Raja Bone ke-32. Putra dari Raja Gowa ke-34 dan belakangan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional. Keturunannya juga ada yang menjadi raja di Luwu.

Muhammad menjelaskan penyambutan seperti itu sudah menjadi tradisi di kalangan keluarga. “Siapa pun yang datang ke sini, apalagi yang diberi amanah menduduki jabatan di wilayah provinsi Sulawesi Selatan ini, pasti penyambutannya seperti ini,” tutur pria kelahiran 7 Agustus 1964 itu.

Baginya penyambutan ini menjadi pemantik semangat dalam mengemban jabatan. Mantan Kasdam XIV/Hasanuddin itu menegaskan akan melanjutkan program pangdam sebelumnya.

“Kemarin saya sudah ketemu (Mayjen Syafei Kasno). Selama beliau di sini, progresnya bagus,” tambahnya.

Dia menyebutkan, seluruh anggota harus menjadikan 8 wajib TNI sebagai pedoman. Terutama yang kedelapan, mempelopori usaha-usaha mengurangi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Muhammad langsung memulai tugas hari ini sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin.

Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin (disingkat Kodam XIV/Hasanuddin) merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. (ast)