NEWS  

Persiapan Hanya Sepekan, DIBS Maros Borong 3 Medali Olimpiade Sains Nasional

Tiga santri Darul Istaqamah Boarding School bersama trofi kemenangannya. (FOTO: IST)

MAROS, MM – Zuhudi Assiddiq sempat ragu tidak maksimal di Olimpiade Sains dan PAI Nasional (OSPN) 2021. Persiapannya terbilang minim. Praktis hanya sepekan dia melakukan latihan khusus menghadapi gelaran Edupreneur Global Indonesia itu.

Namun ternyata hasilnya memuaskan. Santri Darul Istiqamah Boarding School (DIBS) Maros itu mampu raih juara 3 untuk kompetisi Matematika tingkat SMP. DIBS bahkan memboyong tiga medali sekaligus pada event yang diikuti ratusan pelajar dari seluruh Indonesia.

Dua santri lainnya dari DIBS yang mampu unjuk kemampuan adalah Abizard Alif Sythra. Dia meraih medali emas untuk kompetisi PAI tingkat SMA. Sedangkan Abdul Azzam Haqqi juara 3 untuk kompetisi Bahasa Inggris tingkat SMA.

“Awalnya saya memang tidak menyangka, apalagi persiapan untuk mengikuti olimpiade ini hanya satu minggu. Tapi alhamdulillah, hasilnya memuaskan,” kata Zuhudi santri kelas IX Darul Istiqamah Boarding School, Jumat, 3 Desember 2021.

Dia mengaku sempat kesulitan dalam mengerjakan sejumlah soal. Namun hal itu bisa ia atasi kembali setelah mencoba berkonsentrasi dalam mengerjakan soal. Terdapat 30 soal matematika yang mesti diselesaikan dalam kurun waktu 60 menit.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan DIBS, Rizal Abdullah mengaku bangga santri DIBS bisa bersaing dengan ratusan peserta dari seluruh penjuru negeri itu.

Olimpiade tingkat nasional tersebut digelar selama dua hari pada Sabtu-Minggu (27-28 November 2021). Mata pelajaran yang diperlombakan di antaranya Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Ada tingkat SD, SMP, dan SMA.

DIBS Maros, kata Rizal, mengikutkan enam orang santri untuk masing-masing mata pelajaran yang dikompetisikan.

“Kami harap ini bisa menjadi motivasi bagi para santri yang berhasil meraih juara. Termasuk santri lainnya agar semangatnya bisa terus terpacu dalam belajar,” jelas Rizal yang juga merupakan guru Bahasa Inggris DIBS. (*/abr)