NEWS  

Pemkab Akan Bangun Gerbang Khusus di Pattene, Pusat Tarekat Khalwatiyah Samman

Sambutan Bupati Maros, Chaidir Syam pada maulid akbar Khalwatiyah Samman di Pattene, Rabu, 27 Oktober 2021. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Dusun Pattene di Desa Temmapaduae, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros bakal punya gerbang khusus. Pemkab Maros berjanji mewujudkannya.

Bupati Maros, Chaidir Syam menuturkan, Pattene harus menonjol sebagai pusat berkumpulnya jemaah tarekat Khalwatiyah Samman. Makanya butuh penanda tersendiri.

“Kita harus memberikan ruang dan ikut menjaga semua tarekat yang kita miliki,” ucap pria 44 tahun itu saat menghadiri maulid akbar Khalwatiyah Samman di Pattene, Rabu, 27 Oktober 2021.

Peringatan maulid itu dirangkaikan dengan peringatan haul ke-54 Wali Mursyid Tharekat Khalwatiyah Samman, Al Mukarram Asyekh Al Haj H Andi Muhammad Saleh (Puang Lompo).

Mursyid Tariqat Khalwatiyah Samman, Andi Wahyuddin Malik berterima kasih kepada Bupati Maros. “Setelah dua tahun pandemi, Alhamdulillah tahun ini dapat izin untuk peringatan Maulid,” tuturnya.

Jemaah Khalwatiyah Samman yang hadir berkisar 1.000 orang berasal dari berbagai daerah di Sulsel. Bahkan ada 20 orang dari Kalimantan Timur, 70 orang dari Kalimantan Utara. Namun, mereka dibagi dalam tiga gelombang untuk mengurangi kerumunan.

Chaidir menambahkan bahwa pemerintah daerah akan tetap menjaga tempat-tempat yang menjaga tingkat keimanan dan suasana religius, termasuk pusat tarekat Khalwatiyah Samman.

Untuk maulid tahun ini, Pemkab Maros disebutnya sangat memperhatikan protokol kesehatan. Makanya, Satgas Covid-19 kabupaten dan kecamatan diturunkan bersamaan. (ast)