NEWS  

Sambut Hari Guru, Gelar 28 Lomba di Seluruh Kecamatan

Pembukaan lomba mata pelajaran jenjang SD dan SMP, Senin, 25 Oktober 2021, di Lapangan Pallantikang, Maros. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Sebulan menjelang peringatan Hari Guru dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Dinas Pendidikan Kabupaten Maros mulai menggelar lomba-lomba. Diawali lomba mata pelajaran jenjang SD dan SMP, Senin, 25 Oktober 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir menuturkan, rangkaian lomba mulai 25 Oktober hingga 20 November 2021 di beberapa titik yang tersebar di 14 kecamatan.

“Untuk lokasinya tersebar. Kami tidak memusatkan pada satu titik, ini karena prokes juga. Kami mencegah kerumunan yang akan ditimbulkan,” ujar Takdir.

Dia merinci, ada 28 item yang diperlombakan. Terbagi dalam tiga kategori yakni sekolah, guru dan siswa. Untuk kategori sekolah, item lombanya yakni lomba kebersihan, lomba literasi, lomba perpustakaan, dan lomba sekolah inovasi digital.

“Tidak hanya siswa, guru serta sekolah ada lombanya masing-masing. Empat item untuk kategori sekolah, 8 item untuk kategori guru, dan selebihnya untuk kategori siswa tingkat SD dan SMP. Untuk seleksi awal kategori sekolah cukup mengirim video. Nanti yang masuk enam besar baru kita mengundang ke kabupaten untuk mencari juaranya,” jelas Takdir

Untuk kategori siswa seluruh lombanya berbasis komputer.

“Tidak ada lagi soal yang dibagikan dalam bentuk lembaran kertas. Semua soalnya langsung dijawab lewat komputer, ” ucapnya.

Takdir berharap lomba tersebut dapat memberi motivasi kepada para siswa

“Juga mencari bibit bibit siswa berprestasi dari tiap mata pelajaran dan olahraga, dan dapat memberikan motivasi bagi mereka agar aktivitas pendidikan di sekolah kembali bergairah,” ujarnya.

Bupati Maros, Chaidir Syam menyebut, lomba tersebut akan memberikan semangat belajar kembali kepada para siswa.

Menurut Chaidir, selain peringatan hari guru, kegiatan ini juga untuk meningkatkan SDM para siswa.

“Tidak hanya dalam mata pelajaran tetapi juga dalam bidang olahraga,” tutup pria 44 tahun itu. (ast)