NEWS  

Gratis, BBVet Maros Buka Vaksinasi untuk Hewan

Vaksinasi rabies di Kantor BBVet Maros, Selasa, 28 September 2021. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Balai Besar Veteriner (BBVet) Maros memperingati World Rabies Day atau hari rabies sedunia dengan membuka layanan vaksinasi gratis.

Selama dua hari, dimulai Selasa, 28 September hingga Rabu, 29 September 2021, vaksinasi gratis dilakukan untuk hewan. Terutama kucing dan anjing. Selain vaksinasi, ujar ketua panitia kegiatan, Drh. Wahyuni, ada juga pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kesehatan.

“Ini salah satu cara untuk mencegah penyebaran rabies,” katanya di sela kegiatan di kantor BBVet Maros. “Untuk saat ini sudah ada 30-an kucing dan anjing yang telah didaftarkan,” sambung Wahyuni.

Ia mengatakan syarat vaksinasi rabies adalah kucing dan anjing harus terlebih dahulu dipastikan dalam kondisi sehat. “Mereka (kucing dan anjing) tidak boleh stres, suhunya normal, tidak cacingan.”

Suhu normal untuk kucing 37-38 derajat celcius. “Kalau suhunya lebih dari itu tidak dapat divaksin karena akan menyebabkan hewan tersebut stres. Bahkan bisa kejang-kejang,” katanya.

Hewan yang akan divaksin pun ditempatkan pada ruangan yang dingin terlebih dahulu.

Wahyuni mengatakan, selain kucing dan anjing, hewan liar juga sangat cocok untuk diberikan vaksin. “Tapi kan untuk hewan liar susah untuk divaksin. Namun jika ada yang dapat menangkap hewan liar bisa langsung dibawa ke sini untuk divaksin,” imbuhnya.

Vaksinasi rabies gratis disambut antusiasme. Banyak warga yang datang membawa hewan peliharaannya. Cristin Natang, salah satu pecinta hewan, membawa dua anjing.

“Ada jenis Chihuahua berumur 2 tahun untuk diperiksakan kesehatannya. Sedangkan untuk (anjing) yang berumur 8 bulan, anjing biasa, tadi diberikan vaksin,” jelasnya.

Cristin mengaku sangat terbantu dengan adanya vaksinasi rabies gratis. “Jika vaksin di tempat luar, satu kali vaksin itu 259 ribu rupiah dan vaksinnya harus tiga kali dalam setahun,” tutupnya. (ast)