NEWS  

TMMD Belum Dimulai tetapi Jalan Bisa Dilalui Sepeda Motor, Warga: Akhirnya Kami Rasakan Kemerdekaan

Bupati, Dandim 1422/Maros, serta pelajar SD dan warga membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di titik akhir perintisan jalan. (FOTO: ASTY UTAMI/MM)

MAROS, MM – Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 1422/Maros harusnya baru dimulai 15 September 2021. Namun, tentara bersama warga sudah jalan duluan.

Sudah beberapa hari ini mereka bahu-membahu merintis jalan penghubung antara Desa Bontomatinggi dan Desa Bontomanurung. Hasilnya bahkan sudah mulai bisa dilihat, Minggu, 5 September 2021.

Salma, seorang warga Bontomatinggi mengaku tak menyangka dapat melihat kendaraan roda dua terparkir di depan rumahnya.

“Alhamdulillah saat ini masih sulit percaya bisa melihat kendaraan terparkir di depan rumah. Ini seperti mimpi. Akhirnya kami merasakan langsung yang namanya kemerdekaan,” ucapnya.

Siang tadi, Bupati Maros, Chaidir Syam bersama Komandan Kodim (Dandim)/1422 Maros  Letkol Inf Budi Rahman memang meninjau lokasi TMMD ke-112 di Kecamatan Tompobulu itu. Mereka menggunakan sepeda motor trail.

Chaidir mengaky sengaja meluangkan waktu untuk meninjau pengerjaan pra TMMD yang dilakukan para prajurit TNI AD.

“Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik. Ini dilakukan untuk menyambut pembukaan TMMD ke-112 tahun 2021 pada 15 september mendatang,” katanya.

Setelah bertatap muka dengan warga sekitar, Chaidir bersama Budi Rahman dan rombongan Forkopimda melakukan penancapan bendera merah putih di titik akhir perintisan jalan tersebut.

Budi Rahman menuturkan,  pra TMMD dilakukan untuk mempermudah pengerasan jalan yang akan dibangun.

“Pelaksanaan TMMD sangat terbatas. Apabila, program TMMD dikerjakan berdasarkan jadwal waktu (berakhir 14 Oktober 2021), besar kemungkinan tidak akan selesai. Sebab lokasi yang dikerjakan cukup sulit,” ucapnya.

Budi mengatakan selama pengerjaan pra TMMD, masyarakat desa sangat berbaur. Mereka antusias membantu demi suksesnya pembangunan jalan yang mereka dambakan.

Sasaran TMMD ke-112 Kodim 1422/Maros tahun ini berlokasi di Dusun Dammak Desa Bontomatinggi yang akan dihubungkan dengan Dusun Makmur, Desa Bontomanurung. Target perintisan jalan sepanjang  2.120 meter dan lebar 6 meter. Plus pemasangan gorong-gorong, fasilitas MCK (mandi, cuci, kamus) dan pembangunan satu unit masjid serta rehabilitasi satu unit masjid. (ast)