Minta Komitmen Kandidat, Angkat Tema Covid-19 di Debat

Debat kandidat Pilkada Makassar 2020 akan diikuti empat paslon dengan audiens yang sangat dibatasi. (FOTO: IST)

MAKASSAR, MM – Pilkada Makassar 2020 diharapkan bisa berjalan damai, aman, dan sehat. Bebas pula dari penularan Covid-19. Namun bukan cuma jangka pendek. Para kandidat diminta berkomitmen dan menerapkan upaya-upaya penanganan saat terpilih nanti.

Makanya, salah satu tema debat kandidat Pilkada Makassar 2020 adalah kebijakan Covid-19. Komisioner KPU Makassar, Endang Sari menuturkan, tema tersebut terkait situasi pandemi yang masih jadi persoalan utama di Kota Makassar. Tema itu sekaligus membedakan pilkada tahun ini dengan hajatan sebelumnya.

Read More

“Dan memang di Peraturan KPU disebutkan dengan jelas bahwa memasukkan tema strategi penanggulangan Covid-19,” dia menerangkan, Rabu lalu.

Selain itu, ada bahasan mengenai komitmen penanganan penanggulangan narkoba, perlindungan terhadap anak, perempuan, dan disabilitas penanggulangan kemisikinan (kependudukan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat).

KPU tengah mempersiapkan debat publik Pilkada Makassar 2020. Debat bakal diikuti empat pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Debat bakal digelar tiga kali. Pihaknya kini tengah mendata kandidat panelis serta mempersiapkan penyiarannya lewat stasiun televisi nasional.

Pilkada Makassar 2020 diikuti empas pasangan calon. Mereka, masing-masing: Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin.

KPU Makassar mengangkat tema berbeda pada tiga debat kandidat. Tujuannya, paslon diharapkan bisa menyampaikan setiap visi, misi, dan gagasannya secara maksimal.

Debat pertama mengangkat tema sosial, budaya, pendidikan, keamanan, lingkungan, transportasi, dan toleransi. Pada debat kedua, tema yang diangkat adalah reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan dan ekonomi. Debat ketiga baru soal Covid-19.

KPU Makassar belum memastikan jadwal pelaksanaan debat publik. Tapi Endang memprediksi pada minggu pertama November, disusul debat kedua pada akhir November, dan debat ketiga pada 4 Desember 2020. (*)

Related posts