Seniman Asal Maros Juara Kompetisi Melukis Wakil Gubernur Papua

  • Whatsapp
Ruslan "Ullank" di samping lukisannya. (FOTO: IST)

JAYAPURA, MM – Ruslan, seniman asal Maros, mencatatkan namanya pada daftar pemenang kompetisi melukis se-Provinsi Papua di Jayapura. Dia menyabet gelar juara pertama Klemen Tinal Art Competition. Nama event tersebut diambil dari nama Wakil Gubernur Papua saat ini.

Dewan juri menganggap bahwa cara Ullank, sapaan akrab Ruslan, melukiskan wajah Klemen, lain dari yang lain. Sebab bukan hanya sosok sang pejabat, tetapi ada pesan-pesan kebudayaan dan penggambaran kekinian.

Read More

Pada gambar muka Klemen, Ullank membubuhkan gambar kecil yang filosofis. Semisal gambar anak-anak Papua di telinga kiri, ibu-ibu Papua di telinga kanan.

“Pesannya adalah Pak Klemen harus bisa selalu mendengar aspirasi masyarakat. Termasuk dari kalangan anak-anak dan ibu-ibu,” ujar Ullank kepada MataMaros.com, Senin, 21 September 2020.

Bahkan pada kacamata Klemen, Ullank mampu menghadirkan gambar jembatan merah, ikon baru Papua saat ini. Untuk mewakili unsur kekinian yang jadi salah satu persyaratan lomba. Unsur kekinian lain yang penggemar Iwan Fals itu tampilkan adalah masker.

Bagi Ullank, harus ada pesan yang tersirat dalam setiap karya. (FOTO: IST)

Meski begitu, Ullank mengaku terkejut bisa jadi juara kesatu. Selain saingannya berat-berat dan hampir semuanya putra daerah Papua, hasil gambarnya pun dia rasa belum maksimal.

“Andai saya juri, lukisan ini paling banter dapat juara ketiga. Tetapi mungkin juri memperhitungkan ide lukisannya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ullank menjadi juara ketiga lomba mural KPU Provinsi Papua. Bertahun-tahun di Jayapura, dia memang menggantungkan hidup pada pekerjaan sebagai seniman. Genre lukisannya pun semakin lengkap. Kini dia juga menggeluti teknik air brush lewat bendera Qailand Art Air Brush.

Ullank sesekali pulang kampung ke Maros, di Desa Labuaja, Kecamatan Cenrana. Namun sampai saat ini, dia merasa masih lebih leluasa mengekspresikan bakatnya di tanah rantau. Entah nanti. (abr)

Related posts