Verifikasi Faktual 25.716 Dukungan Baret Cella Dimulai

  • Whatsapp
Kantor KPU Maros yang berlokasi di Jl Asoka, Kecamatan Turikale. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maros memulai verifikasi faktual calon perseorangan. Tahapan ini akan berlangsung maksimal 14 hari.

Maros memang memiliki satu pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang maju melalui jalur perseorangan. Mereka adalah Muhammad Nur-Muhammad Ilyas Cika.

Read More

Adapun syarat dukungan untuk maju jalur perseorangan di Maros yakni 24.505 dukungan. Muhammad Nur yang populer dikenal dengan Baret Cella berhasil mengumpulkan 25.716 dukungan.

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal, mengungkapkan, syarat dukungan tersebutlah yang akan diverifikasi langsung. KPU telah menyerahkannya kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Ini akan dilakukan verifikasi maksimal 14 hari ke depan,” kata Rizal di ruang kerjanya, Selasa, 30 Juni 2020.

Lolos tidaknya bakal calon perseorangan ditentukan setelah masa kerja tersebut. Jika memang ditemukan adanya syarat yang tidak terpenuhi, maka kandidat akan diberi masa perbaikan.

“Hanya diberikan waktu 25-27 Juli 2020. Tetapi ada aturannya, misal kurang 10, maka dua kali dari jumlah itu harus dipenuhi,” sebut Rizal.

Selain itu, KPU juga telah merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sesuai dengan jumlah TPS di 800 lokasi. Adapun Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) di Maros yang akan dimutakhirkan saat ini berkisar 28.000 orang. (kar)

Related posts