NEWS  

Ada Flu Babi Baru, Berpotensi Pandemi Juga

Flu babi jenis G4 bisa menginfeksi manusia. (FOTO: INT)

BEIJING, MM – Belum selesai wabah virus corona, muncul lagi jenis baru flu babi. Lagi-lagi ditemukan di Tiongkok.

Para peneliti di negara tersebut menyebut bahwa ada varian anyar flu babi. Flu itu diberi nama G4. Secara genetik, flu itu diturunkan dari strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009 lalu.

Dalam rilis hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal sains AS, PNAS, kemarin, dikatakan bahwa flu babi tersebut berpotensi menjadi pandemi juga.

“Bisa menginfeksi manusia,” kata para ilmuwan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok seperti dikutip dari AFP, Selasa, 30 Juni 2020.

G4 juga diamati sangat menular. Ia mampu bereplikasi dalam sel manusia dan menyebabkan gejala lebih serius pada musang daripada virus lain.

Karena itu para peneliti menyerukan kepada otoritas terkait untuk memantau orang yang bekerja dengan babi. Sebab berdasarkan penelitian, 10,4 persen orang yang bekerja di peternakan babi sudah terinfeksi flu tersebut.

“Sangat mengkhawatirkan bahwa infeksi virus G4 pada manusia akan meningkatkan adaptasi manusia dan meningkatkan risiko pandemi pada manusia,” kunci para peneliti. (mal)