Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19 di Moncongloe

  • Whatsapp
Ilustrasi warga yang memakai masker. (FOTO: INT)

MAROS, MM – Lonjakan pasien Covid-19 di Kecamatan Moncongloe juga patut diwaspadai. Beberapa hari terakhir, sejak new normal diberlakukan, ikut bertambah.

Minggu, 28 Juni 2020, ada enam tambahan positif di Maros. Tiga di antaranya merupakan warga yang berdomisili di Kecamatan Moncongloe.

Read More

Kini total kasus positifnya berjumlah 17. Menempati posisi terbanyak ketiga di bawah Mandai dan Turikale.

Camat Moncongloe, Nuryadi, mengatakan, penambahan tersebut memang menjadi perhatian khusus tim gugus tugas kecamatan. Kata dia, hal yang harus dipahami adalah wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Makassar.

“Ini tentu mempengaruhi atau menjadi potensi bertambahnya angka positif di Moncongloe,” katanya, Senin, 29 Juni 2020.

Ia mengungkapkan, klaster Makassar memang paling berkontribusi dalam penambahan positif. “Mereka bekerja di Makassar, tertular di sana, tetapi rumahnya di Moncongloe,” kata Adi, sapaan karib Nuryadi.

Menurutnya, penularan virus bukan murni dari masyarakat lokal. Malah, angka penyebaran di masyarakat setempat sudah bisa dikendalikan.

“Kan banyak perumahan di Moncongloe. Ini yang kadang jadi klaster baru,” imbuh Adi.

Namun, lanjut dia, tak berarti pemerintah kecamatan lepas tangan. Hampir tiap saat warga diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan di pasar dan masjid untuk memutus mata ranrai Covid-19.

“Bukan sekadar imbauan, tetapi kita juga membagi-bagikan masker. Kita juga sering melakukan rapid test massal, seperti di pasar,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Moncongloe, dr Rita Widyastuti, menyebutkan, 95 persen dari pasien yang terpapar Covid-19 merupakan tenaga kesehatan (nakes). Semuanya bekerja di Makassar.

“Ada yang isolasi di rumah sakit masing-masing, ada juga yang di hotel. Rata-rata OTG,” ungkapnya.

Sementara itu, warga yang melakukan isolasi mandiri di rumah diberikan suplai paket sehat. “Kita berikan vitamin untuk mempercepat kesembuhan mereka,” kata Rita. (abr)

Related posts