Batal Dibiayai APBD, Tenaga Kesehatan Covid-19 Maros Belum Terima Insentif

  • Whatsapp
Tenaga kesehatan Puskesmas Turikale ditugaskan melaksanakan rapid test di Tempat Pelelangan Ikan, beberapa waktu lalu. (FOTO: DOK/MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Tenaga kesehatan (nakes) di Maros harus bersabar lagi untuk mendapatkan insentifnya. Belum dibayarkan sampai sekarang.

Padahal, anggaran insentif sudah disiapkanĀ  Pemkab Maros sejak April. Mereka akan menerimanya selama tiga bulan, Maret, April, dan Mei.

Read More

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros, dr Sitti Maryam Haba, mengaku mendapatkan surat edaran terbaru. Insentif nakes ternyata dianggarkan juga di pusat.

“Menurut pusat kalau ada APBD, tidak ada pusat. Jadi serba salah. Kalau pun APBD, mengikuti perhitungannya pusat,” kata Maryam, kemarin.

Karenanya, Pemkab Maros memilih mengusulkan insentif nakes ke pusat. Jumlahnya Rp1,4 miliar untuk dua bulan, Maret-April.

Dinkes pun sudah menyetor rekening masing-masing nakes. Jadi, pembayaran nantinya ditransfer langsung dari pusat.

“Untuk Mei belum dihitung. Kami baru lakukan verifikasi,” imbuh Maryam.

Ia menjelaskan, total insentif nakes rumah sakit sebenarnya Rp7,5 juta per bulan. Namun, jumlah itu untuk sebulan penuh atau 22 hari kerja.

“Ada perhitungan tersendiri. Misal, nakes rumah sakit, akan dihitung jumlah pasiennya, berapa jumlah kasusnya, berapa jumlah tempat tidur, dan berapa hari dia jaga,” katanya.

Hanya saja, nakes di Maros yang khusus menangani Covid-19 tak bertugas sebulan penuh. “Jadi, tidak begitu (Rp7,5 juta) diterima. Tergantung jumlah harinya dia turun,” ujar Maryam.

Begitu pun hitungannya dengan insentif nakes yang bertugas di puskesmas. Hanya nilai per bulannya saja yang berbeda, yakni Rp5 juta.

Sebelumnya, Pemkab Maros menganggarkan Rp2 miliar untuk insentif nakes. Termasuk di dalamnya sopir dan cleaning service yang menjadi penerima. Totalnya sekitar 400 orang.

“APBD mungkin kami hanya bisa mengupayakan di luar nakes, seperti sopir dan cleaning service,” ungkap Maryam. (mal)

Related posts