Destinasi Baru untuk Keluarga di Maros, Tiket Masuk Hanya Rp2.000

Salah satu spot menarik di destinasi wisata keluarga Mangambang 575, Dusun Marana, Desa Marannu, Kecamatan Lau. (FOTO: MATAMAROS.COM)

MAROS, MM – Potensi wisata di Maros terus bertumbuh. Terkini ada Mangambang 575.

Lokasinya di Dusun Marana, Desa Marannu, Kecamatan Lau. Jaraknya sekitar 900 meter dari gerbang desa atau Jl Poros Maros-Pangkep.

Read More

Destinasi ini memanfaatkan lahan empang seluas 1,5 hektrare. Rencana awal, sebenarnya diperuntukkan lokasi pemancingan saja.

Namun, perencanaannya berkembang. Pemiliknya, Mansyur yang juga merupakan warga Desa Marannu menambahkan kafe, rumah makan, dan spot-spot swafoto menarik.

Ide-ide pengembangan tersebut tak lepas dari kontribusi pemuda setempat. Nantinya, pengelolaannya pun dipercayakan kepada mereka.

Mangambang 575 memang sangat pas buat rekreasi keluarga. Untuk sementara, ada empat gazebo yang disediakan pengelola. Kapasitasnya muat hingga 20 orang.

Dengan bermodalkan Rp4.000 saja, Anda sudah bisa berkeliling di destinasi wisata baru ini. “Rp2.000 tiket masuk dan Rp2.000 parkir,” sebut Hamka, salah seorang pengelola.

Anda pun sudah bisa memancing. Jenis ikan yang tersedia, seperti bandeng dan nila. Namun, tentu beda lagi bayarannya.

“Kalau ikannya mau dibawa pulang,
Rp35.000 per kilogram. Kalau mau diolah di sini, harganya menyesuaikan. Bisa dibakar sampai dibikinkan cobek-cobek,” ungkap Hamka.

Selain fasilitas gazebo, ada spot yang menjadi andalan di Mangambang 575. “Orang-orang bilang spot penyuka senja,” katanya sambil tertawa kecil.

Spot tersebut betul-betul cantik. Berdiri sendiri di tengah empang, dikelilingi bebatuan warna-warni. Ada juga hiasan air mancur minimalisnya.

Pengelola pun sudah menyiapkan meja dan kursi yang beratap tenda payung. Pengunjung bisa mengaksesnya dengan memakai transportasi sejenis sampan. Hanya butuh waktu sekitar tiga menit.

Fasilitas menarik lainnya, ada di salah satu jembatan bertuliskan Mangambang 575. Pengelola sengaja membangunnya setinggi 2,5 meter agar pengunjung bisa mendapatkan spot swafoto terbaik.

Pengelola lainnya, Anwar, mengungkapkan, Mangambang 575, masih terus dikembangkan. Rencanannya, pengelola akan menambahkan fasilitas perahu bebek.

“Gazebo-gazebo juga rencananya akan ditambah. Nantinya juga akan dibangun aula pertemuan,” ungkapnya.

Setelah dua bulan digarap, Mangambang 575 resmi dibuka perdana hari ini, Minggu, 7 Juni 2020. Jam operasionalnya direncanakan mulai pukul 09.00-22.00 Wita. Untuk hari pertama ini, gratis. (mal)

Related posts